Lazada Indonesia

Penggunaan Seleksi dengan Channel di Photoshop oleh mbahdewodotcom

Pada tutorial kali ini akan kubahas tentang cara membuat seleksi pada photoshop dengan menggunakan channel. Mungkin mengingatkan Anda akan judul post sebelumnya.

Tehnik yang akan kubahas ini memang mirip dengan tehnik tersebut, hanya kali ini lebih simple (sederhana) penggunaannya. Tetapi karena lebih sederhana, walaupun mudah cara pemakaiannya, tentu cara ini juga tidak mampu digunakan untuk membuat seleksi yang detil.

Tapi nggak ada salahnya kita coba cara yang ini. Dengan tehnik ini kita bisa menentukan sendiri perbatasan area seleksi, jadi kalau background gambarnya agak ramai (banyak warnanya), tehnik seleksi ini bisa diterapkan.

Seleksi jenis ini bisa juga diterapkan untuk menyeleksi rambut ataupun bagian yang lembut misalnya ujung baju, hanya saja tidak bisa sedetil tehnik seleksi dengan layer mask seperti sebelumnya.

Langkah 1
Bukalah gambar yang akan kita buat seleksi dengan program Adobe Photoshop. Untuk tutorial ini, gambar yang akan kugunakan adalah sebuah gambar dari game Prince of Persia.
tutorial seleksi dengan channel 1
Langkah 2
Jika gambar yang Anda olah merupakan layer background, maka klik 2 kali pada nama layer background,
tutorial seleksi dengan channel 2
kemudian klik OK pada kotak dialog yang muncul.
tutorial seleksi dengan channel 3
Langkah 3
Pilihlah palet channel (bisa dengan cara klik langsung nama paletnya, atau dengan memilih menu Window > Channel). Pada palet channel ini, pilihlah channel yang paling kontras. Pada gambar tutorial ini, kupilih channel Green.
tutorial seleksi dengan channel 4
Langkah 4
Klik icon Load channel as selection (ada di sebelah bawah dari palet channel juga, icon no 1 dari kiri).
tutorial seleksi dengan channel 5
Langkah 5
Klik channel RGB (ini untuk membuat kita kembali pada channel aslinya). Pada gambar Anda akan nampak seleksi yang tidak rata, karena seleksi ini hanya menampilkan bagian yang berwarna terang/putih saja. Apabila kondisi gambar yang ingin diseleksi justru terbalik, maka seleksi bisa dibalik dulu dengan memilih menu Select > Inverse.
tutorial seleksi dengan channel 6
Langkah 6
Sekarang kita kembali lagi ke palet layer (klik langsung nama layernya, atau pilih menu Window > Layer).
Klik icon Add layer mask (letaknya disebelah bawah dari palet layer, pada photoshop letak icon ini nomor 3 dari kiri).
tutorial seleksi dengan channel 7
Setelah langkah diatas, akan didapati gambar seperti dibawah ini.
tutorial seleksi dengan channel 8
Langkah 7
Pilihlah brush tool, kemudian sapukan warna putih pada bagian tengah gambar yang akan dipertahankan (ditampilkan), dan warna hitam pada bagian pinggir gambar (bagian yang akan dihilangkan).
Catatan:
  • Pada saat menyapukan warna dengan brush tool, pastikan Anda berada pada bagian layer mask, bukan pada layer aslinya
  • Untuk mempermudah pengerjaan, buatlah sebuah layer baru (buat dengan cara meng-klik icon New Layer). Isikan warna pada layer ini, bisa dengan cara memilih menu Edit > Fill. Kemudian letakkan layer ini di bawah layer yang mempunyai mask tadi.
  • Pilihlah ukuran brush yang sesuai. Pada photoshop terdapat shortcut yang bisa digunakan untuk mengatur ukuran/bentuk brush, yaitu: Ctrl + [ atau ]; dan Shift + [ atau ]. Untuk pengaturan selebihnya, pilihlah ukuran Opacity dan Flow yang agak kecil.
tutorial seleksi dengan channel 9
Sapukan brush tool sesuai dengan area mana yang Anda inginkan. Langkah inilah yang memerlukan ketelitian, karena Anda bisa menentukan sendiri bagian yang termasuk area gambar yang akan dipertahankan, mana pula yang akan dihilangkan.
Berikut ini gambar yang sudah jadi.
tutorial seleksi dengan channel 10
Pada bagian gambar yang solid tepiannya misalnya baju, dan tubuh akan lebih sesuai seleksi dengan menggunakan pen tool.

Selamat mencoba.

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.