Lazada Indonesia

Cara Membuat Menu DropDown di Blogspot

Aliran informasi dari komunitas blog-blog yang online ini di internet setiap hari semakin meningkat, orang-orang mulai menyadari akan besar manfaat yang akan diraih dari kehadiran blog yang mereka miliki.

Tidak sekedar menuangkan gagasan, ide, pemikiran aaupun kreasi pribadi untuk dipublikasikan kepada pembacanya, tetapi lebih dari itu ternyata blog bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan bagi yang serius menggelutinya.

Untuk itulah karena semakin hari minat terhadap pemanfaatan blog ni semakin meningkat, kami mengangkat tulisan ini semoga dapat dijadikan tambahan informasi yang berguna.

Dengan dropdown menu kita bisa menghemat space/ruang di blog kita, karena dengan ukuran yang kecil seperti itu bisa menyimpan link dan text yang banyak. Itu bisa diisi dengan arsip, blogroll dll. Gimana? Mau mencobanya?

caranya : 
Login ke blogger, trus masuk ke menu "Page Element" trus pilih Add page elements --> HTML/JavaScript. Kemudian masukkan script berikut ini di kocat "Content"
<select onChange="document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;">

<option value="0" selected>tulisan utama</option>

<option value="Links yg mau dituju">tulisan kedua</option>

<option value="Links yg mau dituju">tulisan ketiga</option>

</select>
hasilnya :


Link dalam dropdown menu di atas jika di klik akan membuka link di halaman yang sama. Ini cocok untuk Arsip dan link-link yang masih berhubungan dengan blog tsb. Ada satu tipe lagi yang jika diklik linknya maka akan membuka window baru tanpa menutup blog kamu.

Yang ini cocok untuk Blogroll atau Friend link.
Cara mambuatnya seperti  kode berikut :
<select onchange="javascript:window.open(this.options[this.selectedIndex].value);">

<option value="0" selected>tulisan utama</option>

<option value="Links yg mau dituju">tulisan kedua</option>

<option value="Links yg mau dituju">tulisan ketiga</option>

</select>

hasilnya :


selesai dech...

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.