Lazada Indonesia

Anti Virus Gratis buatan Microsoft

SEATTLE, KOMPAS.com - Janji Microsoft untuk memberikan produk antivirus secara cuma-cuma akhirnya dipenuhi. Versi beta produk yang sebelumnya diberi nama kode Morro akhirnya muncul dengan nama Microsoft Security Essentials (MSE).
Anti Virus Gratis buatan Microsoft
Produk tersebut diuji coba untuk pertama kalinya di empat negara, AS, China, Brazil, dan Israel mulai Selasa (23/6). Microsoft membatasi hingga 75.000 orang saja dari keempat negara tersebut untuk menguduh dari situsnya. Namun, Microsoft berharap nantinya produk tersebut dapat diunduh dari situsnya lebih luas lagi hingga ke negara-negara lain.

MSE menjanjikan perlindungan terhadap serangan-serangan yang umum di komputer seperti virus, trojan, rootkit, dan spyware. Karenanya, produk ini lebih ditujukan kepada pengguna komputer pribadi.
Namun, kehadiran MSE mendapat tanggapan miring dari vendor pembuat antivirus terkemuka. Umumnya dipertanyakan apakah Microsoft sanggup membuat antivirus yang kompetitif secara teknologi.
"Review awal tehadap versi betanya menunjukkan bahwa produk itu di bawah produk-produk freeware, dan jauh di bawah solusi berbayar," ujar Symantec dalam pernyataannya yang dilansir BBC.
Selain itu, pernyataan Microsoft bahwa perindungan dasar hanya dari serangan virus, trojan, dan spyware saja dapat menimbulkan kesalahpahaman buat konsumen. Menurut Symantec, pengguna komputer juga butuh firewall, proteksi web, anti-spam, dan pelindung identitas maya.
Apalagi microsoft punya track record buruk membuat program serupa. Sebelumnya Microsoft juga pernah meluncurkan Winodws Live OneCare sebagai solusi mengatasi serangan jahat ke komputer. Namun, pengembangannya gagal menarik minta konsmen sehingga tidak akan dilanjutkan.

Versi beta dari software antivirus gratis milik Microsoft dijadwalkan melepaskan sebutan beta-nya hari ini. Software Microsoft Security Essential yang tersedia secara terbatas dalam versi beta sejak Juni lalu itu disebutkan akan go live untuk semua orang. Software akan meng-update signature antivirusnya setiap hari sehingga bisa menghadapi ancaman-ancaman baru.

"Microsoft Security Essentials, tawaran sekuriti bagi konsumen yang gratis dan sangat ditunggu-tunggu, akan dirilis untuk umum tanggal 29 September, “ begitu pernyataan Microsoft seperti dikutip situs v3. Microsoft Security Essentials ini ditawarkan pada para pengguna di 19 negara, termasuk Australia, Austria, Belgia, Belanda, Brasilia, Canada, Perancis, Jerman, Irlandia, Israel, Italia, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Switzerland, Inggris, dan AS.

Microsoft menegaskan bahwa mereka tidak akan berkompetisi dengan para raksasa vendor sekuriti seperti Symantec dan McAfee, yang memiliki suite sekuriti berbayar. Microsoft bermaksud menyasar lebih banyak orang yang selama ini tidak memiliki software antivirus.

Security Essentials terlahir dari upaya pertama Microsoft akan software sekuriti, yang disebut OneCare. Sayangnya OneCare gagal menarik minat konsumen maupun OEM utama dan Microsoft mengatakan menghapuskan suite itu tahun lalu.

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.