Lazada Indonesia

Apa itu Alexa dan Traffic Rank

Aku yang tidak paham tentang Alexa Traffic Rank ingin coba ikut-ikutan menulis tentangnya. Kenapa sich banyak blog yang mengejar Alexa Traffic Rank? Selain juga Google Page Rank?

Apakah itu Alexa Traffic Rank?

Traffic rank diupdate tiap 3 bulan sekali dengan melihat perkembangan data trafik, bobot dari page view dan user (reach). Jadi saya bisa bilang tidak benar bila ada yang bilang traffic rank diupdate tiap seminggu sekali atau kurang dari itu.

Untuk Traffic rank pada web, dihitung pada level domainnya. Semisal www.msn.com, carpoint.msn.com dan slate.msn.com, karena mempunyai satu domain msn.com. ternyata beda dengan blog atau homepage pribadi, diukur lewat alamat URL nya.

Reach adalah hitungan jumlah user. Reach dalam Alexa traffic rank berwujud persentase. Sebagai contoh, yahoo.com mempunyai reach 28%, artinya seluruh pengguna internet yang diukur dalam Alexa, 28% nya mengunjungi yahoo.com. Perubahan pada tiga bulan ditentukan dengan pembandingan hasil nilai yang didapat pada tiga bulan sebelumnya.

Page Views adalah ukuran jumlah pengunjung site. Page view beberapa kali ke satu halaman pada satu hari oleh user yang sama dihitung satu saja. Jadi angka yang digunakan adalah jumlah rata-rata kunjungan user per user per hari.
Dari sini terlihat Alexa traffic rank bisa dikatakan tidak mungkin turun, jadi akan terus naik atau tetap. Cuma masalah waktu. Karena perhitungannya penambahan terus terhadap page user dan view. Beda dengan Page Rank yang bisa naik bisa turun.


Kenapa mengejar Alexa Traffic Rank?
Nilai Traffic Rank dan Page Rank biasa digunakan untuk monetisasi blog, cari uang lewat iklan dan sejenisnya. Sebagai contoh program afiliasi RevewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews mensyaratkan nilai Alexa Rank ini.

Ada 20 cara untuk meningkatkan Alexa Rank. Karena saya malas menterjemahkannya, silahkan baca sendiri.
Lihat disini .

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.