Purba My ID

Blackberry Gemini Curve 8520


Inilah salah satu varian ponsel Blackberry yang bisa dibilang ‘Murah’. Untuk ponsel baru, Harga Blackberry Gemini kisaran Rp 3.5 jutaan, bisa dibilang ponsel baru dengan harga yang tidak mahal dalam variannya. Bandingkan dengan Javelin yang bandolnya masih Rp 4,4 juta.
Design si Blackberry Gemini ini sedikit mirip seri 8900 Javelin. Cuma, konsep casing dibikin lebih bertekstur plastik, hingga lebih ringan. Namun tetap tak mengabaikan kesan solid dan tahan banting. Untuk fitur, ada beberapa pemangkasan dibanding Javelin. Misalnya kamera yang sebatas 2 megapiksel dan tidak dilengkapi dengan piranti GPS.
Sekedar info saja, bahwa Blackberry Curve 8520 Gemini yang tersedia di pasaran saat ini masih berupa barang “gray” alias BM (Black Market), dengan logo T-Mobile dibawahnya. Maklum, belum ada operator yang mau membandol ponsel ini dengan perdana mereka.
nyem.or.id
Design Blackberry Gemini
Secara fisik, Blackberry Gemini Curve 8520 serupa dengan Javelin maupun Tour. Wajar, ketiga seri ini memang berasal dari portofolio di keluarga yang sama, yakni Curve. Hanya, bodi Blackberry Gemini terlihat lebih mungil ketimbang dua seri sebelumnya. Selain itu, lekuk bodinya pun sama ergonomisnya, dengan sudut yang membulat.
Perbedaan mencolok di sisi design adalah material cover. Di Blackberry Gemini bahan yang digunakan merupakan kombinasi plastik lembut dan karet. Alhasil, smartphone ini pun tahan banting. Untuk keypad, Blackberry Gemini menerapkan konsep full QWERTY dengan 35 tombol. sama seperti Javelin, Tour maupun Bold dan jadi ciri khas handset Blackberry. Strom saja yang menggunakan virtual keyboard di layar sentuhnya.



Tapi sayang tombol QWERTY Blackberry Gemini terasa lebih mini dibandingkan tombol seri lainnya, hal ini jelas menyulitkan ketika melakukan proses pengetikan pesan maupun penulisan dokumen.
Jika di Tour, Javelin dan Bold menggunakan trackball sebagai media akses dan scrolling menu, Gemini malah menggunakan Trackpad. ini merupakan navigasi datar pertama pengganti trackball. Trackpad di Blackberry Gemini ini mengandalkan sensor khusus yang peka terhadap sentuhan jari.
Soal layar, Blackberry Gemini memiliki ukuran sedikit lebih besar ketimbang Javelin, yakni 2.64 inci dengan resolusi 320×240 piksel, sedangkan Javelin 480×360 piksel. Sedangkan jenis layar yang digunakan sama, yaitu TFT 65.536 warna.
nyem.or.id
OS dan Interface
Tak seperti Tour, Blackberry Gemini masih menggunakan versi sistem operasi (OS) lama, yakni v4.6.1, serupa Javelin dan Bold. Pasalnya OS terbaru versi 4.7.1 sejatinya dibuat untuk perangkat berlayar sentuh seperti Storm. Jika disisi Prosesor,
Blackberry Gemini sedikit dibawah Tour dengan clock speed 512MHZ, tetapi masih setingkat dengan Javelin. Dan secara keseluruhan, interface Blackberry Gemini tidak jauh beda dengan model Curve.
nyem.or.id
GPS Navigator
Tak seperti Bold dan Curve 8320, Blackberry Gemini tidak dilengkapi dengan receive GPS Navigator internal. Namun, untuk sekedar memantau lokasi tertentu Blackberry Gemini bisa mengandalkan jalur LBS operator. Google Map pun bisa dihandalkan sebagai fitur tambahan.
nyem.or.id
Batrai
Batrai Blackberry Gemini sama dengan Javelin atau Tour, janisnya lithium ion. Hanya kapasitas powernya saja yang sedikit beda. Di Curve 8520 menerapkan batrai sebesar 1150 mAh, kalah besrdibandingkan Tour. Untuk sekali pengisian ulang, batrai ini sanggup bertahan selama 2 hari. Tentunya, dengan penggunaan layanan yang standar

Posting Komentar

0 Komentar