Lazada Indonesia

Cara memasang Page Rank di Blog

Pagerank adalah salah satu produk andalan yang dimiliki Google untuk menentukan rangking dari suatu URL. Dengan pagerank ini, google dapat menentukan pada rangking yang mana sebuah URL berada. Dari situ, apabila anda memasang adsensenya Google, semakin tinggi nilai pagerank anda, maka akan semakin tinggi nilai dari adsense anda. Otomatis setiap orang yang melakukan klik pada adsense anda, maka earning money yang akan anda dapatkan akan semakin besar. Karena itu bagi anda yang bermain dengan adsense Google, maka pengetahuan pagerank ini sangat penting. Dalam tulisan ini, penulis akan sajikan tulisan singkat tentang algorithme pagerank ini.

Algorithme Dasar pagerank
Apabila anda sering memakai google search, maka anda pasti mengetahui banyak sekali pencarian anda akan muncul di halaman browser anda. Dari situ akan muncul paling atas adalah beberapa halaman yang mungkin paling match dengan pencarian yang anda inginkan. Tahukah anda bahwa link yang paling atas muncul di pencarian anda itu adalah URL yang mempunyai pagerank paling tinggi dari keyword yang anda masukkan ? Dan sudah tentu link yang kedua menduduki pagerank yang lebih rendah.
Bagaimana kalau dua URL mempunyai pagerank yang sama ? Mesin Google akan melihat URL mana yang paling terlebih dahulu masuk ke daftar list database google. Nah URL yang lebih dulu masuk ke list google akan mempunyai nilai lebih di atas.

Pagerank Google mempunyai algorithme dasar sebagai berikut, pagerank 2 mempunyai nilai 100 lebih besar dari pagerank 1, pagerank 3 mempunyai nilai 1000 lebih tinggi dari pagerank 1, pagerank 4 mempunyai nilai 10000 lebih tinggi dari pagerank 1 dst. Hitung saja kalau pagerank URL anda adalah 10. Yang jelas http://www.google.com/ sendiri mempunyai pagerank 10, akan tetapi Google Jepang, http://www.google.co.jp/ mempunyai nilai 9.
Bagaimana dengan URL yang baru anda bikin ? apakah langsung mendapatkan pagerank ? Untuk URL yang baru memerlukan waktu sekitar 3 bulan untuk sampai mendapatkan pagerank.
Bagaimana, sedikit paham dengan pagerank Google ?

Menentukan angka pagerank?
Yang jelas menentukan angka pagerank adalah pekerjaan mesin Google, dan itu hak Google untuk menentukannya ya.:-) Beberapa bulan yang lalu dengan semakin banyaknya orang-orang memiliki blog dan semakin banyaknya ditemukan kecurangan dalam ilmu SEO, sempat Google membuat kebijakan untuk lebih mengetatkan lagi nilai pagerank. Sehingga setelah pagerank di design ulang, pada berjatuhanlah pagerank para blogger.
Angka pagerank ditentukan oleh berbagai macam parameter, antara lain adalah link popularity. Semakin terkenal halaman itu maka sudah tentu akan semakin banyak link yang akan ditemukan di URL lain. Sebuah URL yang menarik, akan semakin menjadi rujukan dan akhirnya menjadi link sebuah URL yang lain. Karena itu sistem link popularity ini adalah sistem dasar dari pagerank itu sendiri. Karena itu apabila anda ingin mempunyai web site dengan page rank yang tinggi, bikin website anda menarik dikunjungi orang, dan akhirnya menjadikan mereka memasang website anda di URL mereka. Kalau anda punya website baru, anda dapat meminta teman anda untuk tukar-tukar link, untuk menaikkan pagerank anda. Nilai pagerank andapun akan dishare ke URL teman anda tersebut, alias saling melakukan share untuk menaikkan nilai pagerank.
Apakah semakin banyak URL yang memasang link URL kita akan semakin tinggi pagerank kita ? Belum tentu juga, kalau URL yang memasang link URL anda mempunyai pagerank rendah, sudah tentu tidak langsung akan menaikkan pagerank anda. Malah bisa jadi akan merendahkan pagerank anda. Karena itu sebelum anda memasang link di URL anda, anda pun perlu berhati-hati, bisa jadi pagerank anda malah akan turun.
Intinya URL anda akan mempunyai nilai yang tinggi, kalau jumlah linknya banyak dan nilai URL yang memasang link URL anda mempunyai pagerank tinggi.
Kembali ke laptop !!! Dapat anda bayangkan betapa besarnya pekerjaan paman Google bukan ? Google harus melihat semua URL di dunia ini beserta menganalisa isi dan link yang ada.

KeyWord pun menentukan pagerank anda
Keyword sangat menentukan pagerank URL anda juga. Karena itu tentukan keyword URL anda, dan taruh di header URL anda. Dimanakah sebenarnya tempat yang paling tepat untuk menaruh keyword ? Menurut paman Google, keyword yang ditaruh di atas atau di bawah lebih mudah menaikkan pagerank dari pada di tengah. Tapi ingat search engine tidak hanya Google saja !! Setiap search engine mempunyai kekhususan tersendiri.
Jadi apa inti dari keyword itu sebenarnya ? Anda perlu memperthatikan hal-hal berikut ini,
  • Domain name anda
    Domain name anda akan mempengaruhi nilai keyword URL anda.
  • Page title
    Judul page title juga akan turut mempengaruhi nilai keyword anda.
  • Heading(misalnya H1, H2, ds.).
  • Body text
  • Links
  • text yang ada di URL anda, termasuk nilai alt dipenjelasan setiap gambar
Nilai-nilai pagerank
Untuk mencapai pagerank 4 tidaklah terlalu sulit. Akan tetapi untuk menembus nilai 5 cukup sulit. Anda harus rajin untuk mengupdate isi URL anda, dan menaikkan link URL anda dengan berbagai cara sesuai algorithme Google. Kalau isi URL anda sering diupdate dan dikunjungi orang, maka kenaikan pagerank anda akan semakin mudah dan cepat. Untuk mencapai pagerank 8, ini yang luar biasa sulitnya !!!

Selanjut jika Anda berminat memasang pagerank pada blog anda, maka anda tidak perlu susah untuk memikirkan gmana caranya, anda tinggal Mengklik aja salah satu url berikut:
http://www.prchecker.info/check_page_rank.php,
http://www.iwebtool.com/pagerank_checker,
http://www.mypagerank.net/service_pagerankbutton_index.

Selamat mencoba

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.