Lazada Indonesia

Cara mendaftar di Feedburner dan Setting Feed di blogger

Untuk meningkatkan pembaca/traffic blog kita, salah satu caranya adalah mendaftarkan feed blog ke feedburner. Untuk personal blog mungkin tidak menjadi masalah mau dapat pembaca/traffic banyak atau sedikit, sudah bisa eksis ngeblog dan nulis via blog juga sudah jadi kebanggaan tersendiri. Berbeda bagi blog yang memang membutuhkan traffic dengan lalu lintas pengunjung yang terus meningkat setiap harinya agar income via internet pun semakin bertambah, jika demikian feedburner salah satu pilihan yang tepat untuk mendatangkan pengunjung baru setiap harinya.

APA ITU FEEDBURNER…?

Feedburner adalah salah satu “LAYANAN GRATIS” penyedia jasa media publikasi dan audience. Layanannya berupa penyebaran content Blog dan RSS Feeds, yang memungkinkan untuk berpromosi baik secara komersil ataupun menambah profit dalam berbisnis melalui internet. Atau “sekedar” ingin mengenalkan blog Anda agar “go international” dan menambah pembaca dari seluruh dunia.

Baiklah kita langsung saja mendaftar dan mensetting blog kita ke feedburner.

LANGKAH PERTAMA
Masuk ke situs FeedBurner, klik disini  kemudian login dgn ID anda.
Masukan Feed Blog Anda ke tempat yang disediakan I’m Foodcaster ga usah di ceklis
Klik Next

Perhatikan screenshoot berikut :














untuk lebih jelasnya ketik di halaman (warna kuning) seperti ini : http://nama anda.blogspot.com/feed/post/default kemudian klik Next.


Setelah klik next, Anda akan mendapat alamat feed blog Anda dari feedburner. contoh http://feeds.feedburner.com/nama feed anda, Anda bisa mengganti nama Feed Title (judul feed) dan Alamat Feed yang diberi underline tersebut sesuai keinginan atau membiarkan saja sesuai yang diberi feedburner, contoh seperti terlihat nama feed saya pada screenshoot di bawah ini,



LANGKAH KEDUA :
Daftarkan feed Anda dengan mengisi form yang disediakan, perhatikan screenshoot di atas,

  • username: Nama untuk Anda sig in
  • password: katasandi yang tentu saja tidak boleh ada yg tahu selain Anda
  • password (again): katasandi yg sama seperti di atas
  • email address: alamat email anda yang aktif

Kalo semua sudah, klik “Activate Feed” dan akan melihat halaman baru seperti halnya screenshoot berikut ini, (jika nama feed Anda belum ada yg menggunakan)

jangan klik NEXT tapi klik skip directly to feed management selanjutnya anda akan dibawa ke halaman berikut (lihat gbr di bawah) :


kemudian pilih Publicize.
selanjutnya........

1. Memasang Email Subscriptions Feedburner
Untuk mengaktifkan penawaran berlangganan via email kepada pengunjung blog Anda, klik Publicize trus pilih ; Email Subscriptions. lihat gbr di bawah :
 
klik save atau active maka di email subscriptions akan ada tanda ceklis (warna merah), kemudian perhatikan tanda panah warna hijau, copy semua tulisan tersebut ke dalam notepad atau office (nanti akan dijelaskan cara pasangnya ke blog kita) kemudian simpan.

2. Memasang Headline Animator Feedburner
Masih di “Publicize” klik Headline Animator (lihat gbr di atas). Lihat pada form “Create a New Headline Animator” ada pilih ukuran dan bentuk headline animator pada “Theme” Title di ceklist jika ingin menampilkan nama blog Anda. Warna dan tanggal silahkan di atur pada form masing-masing. Kalo sudah lihat dulu previewnya di bagian bawah, jika sudah merasa cocok dan ukurannya sesuai dengan sidebar blog Anda klik “Activate” kembali Anda akan melihat preview yang sengaja diperlihatkan feedburner, lalu pada “Add to MySpace, TypePad, etc.” pilih Blogger Blog dan klik next, akan muncul window baru dan klik Add to Blogger lalu ikuti petunjuk selanjutnya yang mudah.
Selamat Anda sudah mempunyai widget Headline Animator :)

3. Memasang FeedCount (Chicklet) Feedburner
Masih di “Publicize” klik “FeedCount” ada dua pilihan Chicklet; Statis dan Animated. Silahkan pilih berdasarkan selera Anda lalu pilih juga warna body dan textnya. Kalo sudah klik “Activate” Feedburner akan memperlihatkan preview Chicklet Anda (Your Chicklet). Untuki memasangnya pada blog Anda ada dua pilihan, [1] copy kode html yang disediakan atau [2] menggunakan layanan import “Use as a widget in” lalu pilih blog yang Anda gunakan, pilih blogger jika menggunakan blogger dan klik “GO” tunggu sebentar, lalu ikuti petunjuknya yang mudah.
Selamat Anda sudah mempunyai widget Headline Animator :)

Demikian “selintas” daftar dan setting feed blog Anda ke feedburner dan bonus memasang 3 widget dari feedburner.

sampai ketemu di LANGKAH KELIMA...

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.