Lazada Indonesia

Memperbaiki Data E-mail yang Rusak

Microsoft Outlook selalu terhubung dengan file “Personal File Folder” berekstensi PST. Buat yang enggak tahu, file ini berfungsi untuk menyimpan e-mail dan pengaturan folder yang berada di Outlook.

Secara default, saat pertama kali Anda menjalankan Microsoft Outlook, PST akan dibuat dan diletakkan di C:-Documents and Settings--Local Settings-Application Data-Microsoft-Outlook- di XP atau c:-Users--AppData-Microsoft-Outlook- di Vista dan 7.

Pas lagi apes, bisa terjadi file ini rusak sehingga e-mail tak bisa dibuka. Jika kondisi ini terjadi, jangan pesismis dulu. Kita coba oprek file PST dengan sebuah tool tersembunyi yang sudah disediakan oleh Microsoft. Tool ini diberi nama Inbox Repair Tool. Di mana lokasinya, dan bagaimana penggunaannya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Jalankan Windows Explorer, kemudian masuklah ke folder C:-Program Files-Common Files-System Mapi-1033-.
  2. Pada folder 1033 tersebut, carilah program dengan nama scanpst.exe, dan jalankan program tersebut.
  3. Setelah jendela “Inbox Repair Tool” terbuka, masukkan nama file Anda beserta path-nya pada bagian “Enter The Name Of The File You Want To Scan”.
  4. Untuk mengatur setting log file, tekan tombol [Options...].
  5. Langkah selanjutnya, klik tombol [Start]. Inbox Repair Tool akan segera memperbaiki seluruh file Anda yang rusak.
  6. Bila seluruh file telah selesai diperbaiki, klik [Close].
  7. Sekarang bukalah file .pst Anda dengan meng-import-nya melalui Microsoft Outlook.

Perlu diperhatikan, jumlah file yang dapat “diselamatkan” tergantung dari tingkat kerusakan file yang Anda perbaiki. Jika kerusakannya sudah cukup parah, tentunya file yang dapat dibaca hanya sedikit atau bahkan tidak dapat dibaca sama sekali.

Sumber: PCplus
Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke email Anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan kemudian KLIK Saya Setuju


Setelah itu Klik Aktifkan melalui kotak masuk email anda yg dikirim oleh FeedBurner Email Subscriptions

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.