Lazada Indonesia

TDK NX-4CD, Micro Hi-Fi yang Mantap


Tampangnya gagah dan cakep dengan warna hitam pekat. Perangkat Micro Hi-Fi besutan TDK ini terdiri dari sepasang speaker pipih berbadan metal, sebuah subwoofer, dan unit CD player, serta sebuah remote control. Namun ini bukan sebarang Micro Hi-Fi.

Port USB, Slot Kartu SD/MMC
Di badan pemutar CD itu juga tampak dua slot. Yang paling kiri, tepat di sebelah tombol bulat mengilat on/off adalah port USB. Di sebelahnya hadir slot kartu SD/MMC.
Ini mengindikasikan, selain bisa memutarkan lagu-lagu dari CD audio maupun CD MP3 -- termasuk hasil bakaran sendiri di keping CD-R atau CD-W -- unit ini bisa memperdengarkan musik dari file berformat MP3/WMA yang bercokol di dalam sebuah USB flash disk, atau kartu SD/MMC. Dan memang benar.
Caranya pun mudah saja. Tinggal tancapkan USB flash disk, dan sistem akan membaca folder yang berisi file-file MP3. Saat USB flash disk dikenali, lampu LED tepat di sebelah kanan port USB akan menyala merah. Cuma, sebelumnya kita harus memilih moda Card-USB dengan menekan tombol Function pada unit atau di remote control. Tipe moda ini bisa dipantau dari tulisan yang muncul pada layar yang ada di sisi kanan bawah unit pemutar.
Cara yang sama juga dilakukan saat kita ingin mendengarkan musik yang file-file-nya ada di sebuah kartu Secure Digital (SD). Dorong masuk kartu SD ke slot kartu memori, lalu gunakan tombol Function pada unit atau remote control untuk pindah ke moda Card-USB. Keberadaan kartu SD yang menancap akan dikenali ketika lampu LED di kanan slot menyala hijau.
Satu yang perlu dicamkan, slot kartu SD di sini belum bisa mengenali kartu SDHC (Secure Digital High Capacity), alias kartu dengan kapasitas di atas 2GB. Kartu Kingston SDHC 16GB kami tidak dikenali. Namun tidak demikian saat kami selipkan kartu SD Kingston 1GB yang berisi file MP3.
Tidak masalah jika file-file music ini bercokol dalam beberapa folder, selama isi folder tidak campur aduk jenis file-nya. NX-4CD cukup cerdas untuk mengenali mana saja folder yang berisi file MP3. Jika ada beberapa folder yang berisi file-file MP3, tinggal pilih folder mana yang ingin diputar file-file-nya melalui tombol Preset/Folder pada remote control atau unit CD.
O ya, pemilihan moda memang harus selalu dilakukan. Andai CD yang Anda masukkan, ya harus pilih CD dari tombol Function. Atau pilih Tuner ketika Anda ingin mendengarkan siaran radio FM. Pilih Aux jika Anda ingin menghubungkan perangkat lain, semisal DVD player, untuk meminjam fitur speaker Micro Hi-Fi ini.

Setup Sederhana
Sebelum bisa menikmati music – MP3 atau siaran radio FM – di NX-4CD, kita harus terlebih dulu ‘merakit’ pemutar music ini. Jangan panik dulu. Tidak banyak kok yang harus dipasang. Dalam kemasannya hanya ada dua kabel yang sudah terhubung ke masing-masing speaker kiri dan kanan.
Nah, tinggal hubungkan kabel-kabel itu ke jack di belakang subwoofer. Tidak perlu bingung kabel mana yang harus dikoneksikan ke jack kiri (putih) dan mana yang ke jack kanan (merah). Tancapkan saja seenaknya, karena memang tidak ada penanda mana kabel untuk speaker kiri atau kanan. Yang penting diperhatikan adalah penempatan speaker nantinya. Posisikan saja salah satu speaker di sisi kiri dan lainnya di sisi kanan, sesuai dengan kabel yang Anda pasang di bagian belakang subwoofer.
Selain kabel yang mengkoneksikan kedua speaker, dalam paket TDK ini terdapat kabel audio 9-pin untuk menghubungkan unit CD ke subwoofer. Kabel ini khas, sehingga tidak mungkin tertukar dengan yang lain. Hubungkan satu ujungnya ke subwoofer, dan ujung lainnya ke jack yang ada di belakang unit pemutar CD.
Satu kabel lain yang ada adalah kabel terpasang dari subwoofer. Inilah kabel daya yang harus Anda colokkan ke jala-jala listrik. Sayang pada unit yang kami terima, kabel ini belum disesuaikan dengan kondisi tanah air. Stopkontak yang ada di ujung kabel daya ini memang berkaki dua, tetapi bentuknya pipih serong, sehingga perlu converter sebelum kami bisa menggunakannya. Namun mungkin saja pada unit yang dijual umum, stopkontak itu sudah disesuaikan dengan kondisi perlistrikan Indonesia.

Ada Salam Penyambut
O ya, begitu stopkontak ditancapkan ke jala-jala listrik dan switch di bagian belakang ditekan, lampu LED bulat di badan depan subwoofer akan menyala merah. Namun ini belum berarti Micro Hi-Fi sudah bisa berfungsi . Panel layar kanan bawah unit CD memang akan berkedip-kedip dengan warna latar biru dan tombol bulat kiri bawah akan berwarna merah, tetapi Anda belum bisa memfungsikan fungsi musik di sini karena unit masih dalam kondisi standby.
Anda harus terlebih dulu menekan tombol merah tersebut (atau tombol merah pada remote control). Maka layar dan juga LED pada subwoofer akan menyala biru dan memunculkan tulisan penyambut “Hello” (kelak bila unit Anda matikan, juga dengan menekan tombol merah pada remote control, akan muncul tulisan “Good Bye” di layar tersebut).
Salam Hello ini dengan cepat akan berganti dengan tulisan lain. Jika kebetulan modanya disetel pada CD dan tidak ada CD yang Anda sisipkan masuk ke player, layar akan memunculkan tulisan No Disc.

Namun kalau saat diaktifkan Anda sudah memilih moda Tuner (radio FM), siaran radio FM akan langsung diperdengarkan. Kita bisa memilih sebarang stasiun radio FM, mulai dari gelombang 87.50 MHz sampai 108 MHz. Posisi stasiun radio favorit yang sudah terlacak bisa disimpan ke dalam memori dengan menekan tombol MEM/C-ADJ pada unit atau remote control. Tinggal tentukan akan disimpan di memori nomor berapa (tersedia 30 posisi).
Jika gelombang radio FM tertentu terasa kurang pas, haluskan posisinya dengan menekan tombol berlogo >>| atau <<| di remote atau di unit CD secara berulang. Gunakan tombol tersebut untuk memilih gelombang radio FM maupun untuk memaju/mundurkan track lagu di CD.

Pusat Segalanya: Remote Control
Sesungguhnya, lebih nyaman mengakses fungsi NX4CD ini dari remote control yang disediakan dibandingkan dari tombol-tombol mungil di unit CD. Alasan utama tentu saja karena kegiatan ini bisa dilakukan dari jarak jauh.
Dari remote control yang panjang dan langsing itu, kita bisa mengendalikan nyaris segala kegiatan memutar music. Ini mulai dari mengaktifkan/mematikan unit, memilih moda music, memilih folder, memutarkan lagu secara acak (random), membungkam suara (mute), mengatur timer, menentukan moda tidur (sleep: 10, 20, 30 – 90 menit), sampai memilih equalizer dan mengaktifkan fitur bass.
Memang satu-satunya saat kita perlu mendekati unit CD ini adalah ketika ingin memasukkan/mengeluarkan keping CD ke tray yang ada. Penyisipan/pengeluaran keping CD dilakukan dengan terlebih dulu menekan tombol bulat besar di pojok kanan atas unit CD. Jika tombol ini ditekan, pintu CD akan membuka ke arah atas, dan kita bisa – dengan hati-hati -- menyisipkan keping CD ke baki vertikal yang ada.
O ya, untuk mendukung operasinya, remote control membutuhkan dua batere AAA.

Unit CD plus Jam
Seperti telah disinggung di atas, unit CD ini gagah. Panel badannya tipis, tetapi makin tebal kea rah belakang sehingga kokoh saat duduk.
Kita tengok dulu bagian belakangnya. Ada kisi-kisi pembuang udara di bagian belakang atas. Di panel bawahnya terdapat dua lubang, masing-masing satu di setiap sisi, untuk tempat paku penggantung unit CD andaikata unit ingin digantung di dinding – sesuatu yang tidak kami sarankan.
Di dekat bagian alas, terdapat sebuah slot yang berfungsi menampung tiga batere AAA. Dugaan kami, batere berfungsi memfungsikan NX-4CD sebagai jam lengkap dengan fungsi alarm dan timer. Namun sampai detik-detik terakhir unit berada di tangan kami, kami belum berhasil mengaktifkan fungsi jam berikut alarm yang bisa membangunkan kami di pagi hari itu dengan pilihan lagu MP3 atau siaran radio FM. Sayangnya manual yang mungkin bisa menjelaskan hal tersebut absen dalam kemasan yang kami terima.
Namun tak apa. Mari beralih ke sisi kanan. Di sisi ini ada dua jack. Yang paling atas adalah jack 9-pin untuk koneksi ke subwoofer (kabel tersedia). Di bagian bawah terdapat jack headphone , andaikata kita ingin mendengarkan alunan musik tanpa mengganggu orang lain. Ukuran jack headphone ini standar, 3,5mm.
Bagaimana dengan sisi kiri? Di sini kita akan menjumpai seutas kabel tipis yang berfungsi sebagai antenna radio FM. Berjajar kea rah bawah adalah dua jack untuk koneksi ke perangkat eksternal seperti DVD player. Agar pemasangan jack tidak terbalik, jack paling diwarnai merah dan dilabeli R (right, kanan) sedangkan yang bawah diwarnai putih dengan label L (left, kiri).
Sekarang yuk beralih ke bagian depan, bagian utama dari unit pemutar CD di NX-4CD ini. Mendominasi bagian depan pemutar ini adalah ‘baki’ CD yang akan membuka ke atas (sliding) ketika tombol bulat di sisi kanan atas unit ditekan. Di bawah tombol Open tersebut berjajar sebuah tombol Fuction, dan dua tombol pengatur volume. Di bawah tombol untuk mengecilkan volume (Vol -) tampak sebuah lingkaran berisi layar segi empat. Di layar itulah kita bisa memantau semua kegiatan dan status NX4CD.
Di sebelah kanan layar tersebut hadir berturut-tutur tombol-tombol mungil untuk fungsi Play/Pause, Stop, Preset/Folder (maju dan mundur), dan Repeat. Di baris kedua ada dua tombol lain, yakni tombol Skip (maju dan mundur). Sementara itu baris ketiga menampilkan (dari kanan ke kiri) tombol bulat besar On/Off, port USB 2.0 dengan LED merah, slot SD/MMC dengan LED hijau, dan tombol mungil berlabel Mem/Prog/Clk-Adj untuk menyimpan posisi stasiun radio FM ke memori.

Speaker dan Kualitas Suara
Nah semua sudah kita bahas. Sekarang giliran speaker dan subwoofer. Ya, ingat bukan kalau NX-4CD mengemaskan dua speaker dan satu subwoofer, alias merupakan speaker 2.1 channel?
Kedua speaker yang dikemaskan TDK menarik. Badannya yang bersalut warna hitam itu membuatnya layak diletakkan di sebarang ruang, termasuk ruang tidur dan ruang keluarga, Badannya tipis (1,3cm), tetapi penyangga kaki krom mengilat nan mantap itu menyebabkannya membutuhkan tempat sekitar 7,3cm. Ketipisan fisik speaker ini akibat menerapkan teknologi speaker panel datar dari NXT yang menjadi andalan TDK selama ini.
Tidak ada apa-apa di badan kedua speaker tersebut. Panel depannya datar, terbuat dari metal. Masing-masing speaker berkekuatan 5 watt, lebih dari cukup untuk kebutuhan di ruang tamu/keluarga atau kamar tidur. Saat kami coba, suara yang dihasilkan speaker terdengar bersih dan renyah. Nada-nada tinggi terdengar kaya dan jernih. Pada volume yang besar pun, suara tidak terdengar pecah. Trebelnya mantap, menjadi kekuatan system ini.
Nada-nada rendah, bass, juga dikeluarkan dengan baik oleh subwoofer yang ada. Pada volume kuat, subwoofer ini berdentam dengan bass yang mantap. Sayangnya nada-nada tengah, mid-bass, kurang terdengar di sini. Saat volume dikecilkan, nada-nada tengah terdengar lembut.
Untungnya TDK menyediakan tombol Bass Booster (pada remote dilabeli BBS) yang bisa menciptakan music terdengar lebih kaya dan hangat. Fitur ini membuat kualitas suara secara keseluruhan menjadi lebih baik, lebih mantap, khususnya saat kita mendengarkan music klasik dan akustik yang berfokus pada nada-nada tengah. Apalagi juga tersedia pengaturan untuk equalizer: Jazz, Classic, Pass, Rock dan Pop.
O ya, di bagian belakang speaker kita akan melihat bagian dengan dua lubang. Jadi selain diletakkan di atas meja, kedua speaker ini bisa saja digantung di dinding. Namun untuk ini kita harus menyediakan paku sendiri. Hmm, pilihlah paku yang panjang dan kuat jika Anda ingin menggantung speaker di dinding, sebab bobot speaker lumayan berat, 700 gram. Maklumlah badannya terbuat dari metal, bukan plastik.

***
Jangan terkecoh dengan fisiknya yang ramping dan mungil itu. TDK NX4CD yang tampil moden ini sesungguhnya dahsyat, menyajikan suara yang jernih, bening, dan bertenaga bagi penikmat lagu entah itu dari CD Audio, CD MP3, atau bahkan radio FM. Micro Hi-Fi ini layak dipertimbangkan jika Anda mendambakan sebuah pemutar musik yang berkualitas baik, tetapi mudah dipakai dan hemat tempat.

PLUS: Desain tipis; hemat tempat; pengoperasian mudah; kualitas suara bening; ada slot kartu SD dan port USB.
MINUS: Radio hanya FM; nada tengah absen.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
-Kinerja : 4
-Fasilitas : 4
-Kemudahan : 4
-Harga : 4


SPESIFIKASI: TDK NX-4CD
Jumlah speaker : 2
Jumlah subwoofer: 1
Jumlah CD: 1
Tipe CD: CD player standar
CD Recordable: Ya
Jumlah CD: 1
Dukung: Kartu SD (Secure Digital)
Tipe Audio: Stereo
Format audio: MP3, MP3 VBR, WAV, WMA
FM Tuner: 87,5 – 108 MHz
Output:
- Speaker: 2x5 W RMS
- Subwoofer: 30 W RMS
Konsumsi daya: < 30 watt
Kelengkapan:
- Remote control
- Subwoofer
- Kabel daya
- Kabel koneksi daya dan audio 9-pin
- Kabel speaker (2)
Dimensi (plt):
- Speaker: 13,9x7,25x20 cm
- Unit CD player: 20,7x8,2x20,6 cm
- Subwoofer: 13,1x24,2x17,3 cm
Bobot: 6,6kg
Garansi: 1 tahun
Situs Web : www.tdk-media.com
Harga kisaran*: US$ 315 atau Rp. 3,118,500 ( wow...harga yg lumayan )
• Datascrip, (021) 654-4515.

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke email Anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan kemudian KLIK Saya Setuju


Setelah itu Klik Aktifkan melalui kotak masuk email anda yg dikirim oleh FeedBurner Email Subscriptions

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.