Lazada Indonesia

Cara meningkatkan Google Page Rank

Sebenarnya saya gak pantas menuliskan artikel ini...karena PR sy juga masih nul. Tapi artikel ini sy kutip dari hasil blogwalking dan sy tulis kembali disini untuk pembelajaran dan sebagai motivasi untuk perkembangan blog ini kedepan. Di bawah ini ada beberapa cara untuk menaikkan page rank sebuah blog atau web, silahkan dibaca :

Back link satu arah
Sering juga disebut dengan oneway link back, dimana orang lain nge-link ke blog kita, sedangkan blog kita sendiri tidak nge-link ke blog mereka. Tukar link semacam ini lebih efektif dibanding dengan tukar link dua arah. Hal ini akan terjadi kalau blog kita punya informasi / konten yang menarik, lain dari pada yang lain, bukan copy paste, yahhh…pokoknya membuat orang lain merekomendasikan blog anda ke teman-temannya yang lain… konten si the king !! Cara yang bisa dilakukan untuk mendapat backlink satu arah adalah dengan mendaftarkan blog anda ke social bokmarking. Dengan mendaftar ke social bookmarking, anda tidak perlu nge-link ke mereka…cukup titipkan link blog anda ke mereka dengan mensubmit blog anda ke mereka.

Back link dua arah
Untuk backlink dua arah, perlu diperhatikan beberapa hal yang sangat mendasar, ..yaitu kalau tukeran link dengan mereka, usahakan jangan mau kalo link anda ditempatkan di page yang punya page rank nol..karena hal ini tidak membuat situs anda menjadi penting di mata search engine..Usahakan link exchange anda ditempatkan di page yang PR nya oke punya :-), lebih baik lagi kalo di dalam halaman itu tidak terdapat banyak link-link yang lainnya…karena hal ini akan berpengaruh juga terhadap pembagian page rank..semakin sedikit link yang terpasang, semakin baik,…..tambah lebih baik lagi kalo cuman link anda yang terpampang disana. Susah khan ? . Kesimpulannya, kalo blog anda di link oleh blog yang PRnya = 0, tidak jadi masalah,…..yang jadi masalah besar adalah ketika blog yang PRnya =0 nge-link ke blog anda,..dan anda NGE-LINK BALIK ke blog nya dia !!

Konten yang berbobot
Konten yang berbobot otomatis akan mendatangkan back link satu arah yang tanpa anda minta dan tidak terduga oleh anda…

Berinteraksi dengan blogger yang lain
Saling berkunjung ke blog-blog, chit chat,beri komentar di forum-forum,beri komentar juga kepada blog-blog ,khususnya blog-blog yang PR nya tinggi, cantumkan url anda disana. Hal ini juga akan membuat blog anda di mata search engine menjadi penting.

Pakailah keyword yang tertarget.
Gunakan meta keyword yang banyak dan yang tertarget. Jangan mengulang kata yang sama dalam satu bar. Hal ini akan membuat blog anda mendapat kesempatan untuk nongol/muncul di halaman yang paling pertama di search engine..dengan demikian, akan membuat blog anda dianggap penting oleh search engine.

Buat link antara satu halaman ke halaman lain
Buatlah blog anda minimal 3 halaman, lalu buatlah masing-masing halaman nge-link satu sama lainnya.
halaman 1 —nge-link ke—-> halaman 2
halaman 2 —nge-link ke—->halaman 3
halaman 3 —nge-link ke—-> halaman 1
Katakanlan homepage anda adalah halaman 1 ,yang mana mempunyai PR =5..sedangkan halaman 2 dan 3 PRnya masih nol, maka dalam hal ini Google akan memberi poin pada halaman 2 dari halaman 1, …lalu google akan memberi poin kepada halaman 3 dari halaman 2,…dan kembali lagi google akan memberi poin kepada halaman 1 dari halaman 3,…dan begitu seterusnya… namun misalkan anda punya halaman ke 4,5,6,7,8 (yang masing masing PR-nya =0), …jangan coba-coba untuk membagi-bagikan poin di halaman 1,2 dan 3 ke halaman 4,5,6, dan 7 dengan memberi link ke halaman 4,5,6,7 , karena hal ini akan mengurangi PR halaman 1,2 dan 3. 

Waktu
Robot search engine berjalan berdasarkan “algoritma” yaitu menghitung kecenderungan atas kecepatan sebuah blog menjadi optimal yang dilakukan secara manual oleh manusia. Semakin lama blog anda publish, semakin layak dimunculkan di search engine…kurang lebih seperti itu :-), jadi kalo blog anda masih baru di publishkan, walaupun anda bekerja keras siang dan malam utak atik blog anda untuk mendapatkan page rank yang tinggi dalam waktu kurang dari seminggu … rasanya tidak mungkin..kalo mungkin pun, google akan mem banned blog anda,…karena robot google akan mengira anda curang. Kesimpulannya, dibutuhkan yang namanya waktu untuk membuat sebuah blog layak terpasang di search engine.

Buat link ke tulisan yang lama: Logikanya, tulisan yang baru akan akan mendatangkan banyak pembaca. Dalam hal ini tulisan baru berfungsi seperti Search Engine yaitu akan mengantarkan si pembaca ke tulisan-tulisan yang lama,

Buat link ke tulisan-tulisan yang ada hubungannya: Logikanya mirip dengan point 1, Karena fungsi link di point 1 dan 2 mirip Search Engine maka Perbarui juga tulisan-tulisan lama dengan menambahkan keywords yang lebih baik dan lebih banyak, Topik-topik aktual yang sebelumnya pernah ditulis, tetapi saat ini ada informasi-informasi baru yang perlu ditambahkan, sebaiknya ditulis sebagai tulisan yang baru dengan tetap merujuk kepada tulisan yang lama,

Lakukan penulisan ulang dari tulisan lama, dengan gaya tulisan yang berbeda dan perspektif baru yang lebih segar, Buat variasi gaya penulisan seperti menulis tahapan melakukan sesuatu secara singkat tanpa bertele-tele. Pengunjung biasanya lebih menyukai penulisan yang singkat dan to the point, Perhatikan juga tata bahasa, dan penulisan kata yang benar, Apabila ada eksternal link dari tulisan, pastikan bahwa link tersebut masih aktif. Lakukan update apabila eksternal link tersebut ternyata sudah tidak aktif, Jika terdapat tulisan-tulisan yang saling berhubungan, buat sedemikian rupa sehingga tulisan-tulisan tersebut menjadi seperti tulisan berseri, Jika terdapat tulisan yang sudah sangat lama dan sudah tidak valid lagi, jangan dihapus. Beri catatan bahwa tulisan tersebut sudah expired, lalu beri link ke tulisan yang baru, Ubah judul tulisan menjadi lebih menarik.

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.