Lazada Indonesia

D-One DG538


Permukaan bodi D-One DG538 terlihat mengilap. Untungnya, warna hitam berhasil menyamarkan bekas jari tangan. Keypad bersusun standar. Tombolnya memang tak seempuk tombol berbahan karet, tetapi kita tak perlu sampai harus memencetnya sekuat tenaga.

Ukuran tombolnya sendiri sudah pas untuk jempol Sinyal yang lumayan gede. Uniknya, ada deretan lampu mirip senter di atas bodi, ujung kanan. Sayang, Sinyal tak menemukan cara memakainya.

SIM dobel, sama-sama aktif
Untuk bertelepon, D-One menyiapkan 2 tombol call di kiri tombol navigasi. Phonebook bisa dibedakan dari ikon ponsel atau angka di depan ikon SIM. Daftar nama bisa disalin semua lewat Copy All, antara SIM ke ponsel maupun antar-SIM.

Ada Magic Voice, untuk mengubah suara kita jadi suara lain. Tersedia pilihan suara children voice, lady voice, women voice, female voice, man voice, boy voice, toneless voice, dan hoarse voice. Suara latar saat menelepon bisa diubah lewat fitur Background Sound.

Di bagian "General call settings", jika menu "Select when make call" diaktifkan, maka fitur otomatis bekerja ketika menelepon. Tersedia pilihan suara motorcycle, sidewalk, MRT1, MRT2, restaurant, pub, chord, alarm, dou, dan white noise. Ada pula black list, yang hanya bisa memblokir maksimal 5 nomor.

Radio dan musik
DG538 punya FM radio dengan 9 tempat penyimpan stasiun favorit. Radio bisa direkam, bahkan secara otomatis pada jam tertentu lewat fitur Schedule FM Record; maksimal 4 jadwal.

Navigasi atas dijadikan pintasan ke audio player. Ada pula tombol MP3; berseberangan dengan tombol Call 2. Saat aktif, audio player memakai navigasi atas untuk play/pause, bawah stop, dan kiri-kanan pindah lagu. Memencet navigasi tengah akan membuka list, bukan untuk play. Volume diatur pakai tombol * dan #.

Speaker ada di kanan kamera. Menurut Sinyal, suaranya biasa saja, tak ada efek yang menonjol. Suaranya juga tidak keras, dan agak pecah saat diputar pada volume maksimal.

Kamera
Kamera disertai cermin, tetapi tak ada tombol khusus kamera. Untuk menjepret atau merekam, tekan tombol 0 (nol). Pengaturan di kamera dan video recorder lewat keypad. Navigasi kiri-kanan dipakai untuk EV, atas-bawah untuk zoom.

Ukuran foto maksimal 1280 x 1024, sementara di video recorder tak diberikan opsi resolusi maupun panjang rekaman. Secara keseluruhan, kelengkapan pengaturan di kamera maupun video recorder tergolong kurang. Hasil foto tidak tajam dan warna yang dihasilkan agak pucat.

Foto di Image Viewer bisa dicetak lewat opsi Print. Tampilan video bisa dibuat fullscreen dengan memencet tombol bintang (*). Selain navigasi tengah, bisa pula dipakai tombol 0 (nol) untuk play/pause. Navigasi atas-bawah ditugasi untuk zoom, sedangan kiri-kanan untuk fast backward-forward.

Kapasitas dan koneksi
Bila ponsel dikoneksikan ke PC pakai kabel data, USB config menampilkan opsi mass storage dan COM Port. Jadi, DG538 tak bisa dipakai sebagai web camera. Sebagai mass storage, PC membaca 2 drive. Slot MicroSD di atas slot SIM1.

Di Bluetooth disiapkan pengaturan remote control yang bisa dipakai untuk mengontrol speaker ekstra yang terkoneksi via Bluetooth. Yang menarik, Sinyal menemukan Block List di deretan menu. Bagi yang hobi browsing dari WAP, D-One sudah menyiapkan pengaturan GPRS sejumlah operator.

sumber: Sinyal


Plus: FM Radio, penyamaran suara.

Minus: hasil kamera kurang, beberapa fungsi tak ditemukan cara pakainya.

Spesifikasi: D-One DG538
Jaringan: GSM
Bentuk: Bar
Dimensi: 109 x 46 x 15 mm
Baterai: Li-ion 3,7V 850mAh
Waktu siaga: rata-rata 4 hari
Waktu bicara: rata-rata 4 jam
Layar: 1,9 inci, TFT
Memori internal: 224 K
Memori tambahan: MicroSD 1GB
Konektivitas antar-peranti: kabel data, Bluetooth
Konektivitas internet: GPRS, WAP
Kamera: 1MP
Ringtone: Polifonik
Phonebook: 500 entri
Messaging: SMS, MMS
Aplikasi: Java, Game (Puzzle), FM radio, Schedule FM Record, camera, image viewer, video recorder, video player, audio player, sound recorder, melody composer, calendar, tasks, alarm, calculator, currency converter, world clock, e-book reader
Isi paket : charger + kabel data, headset, dan manual.
Kekurangannya : hasil kamera kurang, beberapa fungsi tak ditemukan cara pakainya.
PhotobucketPhotobucket

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.