Lazada Indonesia

Penjelasan Efek Grunge pada foto dengan menggunakan Photoshop


 Efek Grunge

Pada tutorial photoshop kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat efek Grunge pada foto, yah.. sebut aja nama efeknya itu, sebab saya lagi terinspirasi sama om Kurt nih hehehe.... mulai aja nyok...
 Efek GrungeLangkah pertama anda siapkan foto yang akan anda edit, sebagai contoh pada tutorial ini saya edit fotonya mas Kurt Cobain vokalisnya grup musik Nirvana.

 Efek GrungeGambar diatas adalah hasil akhir pada tutorial ini.

 Efek GrungeLangkah selanjutnya andabuka foto anda yang akan di edit tadi, kemudian tambahkan efek Blur, caranya klik Filter > Blur > Gaussian Blur. Sesuaikan Radiusnya sesuai dengan gambar.

 Efek GrungeSudah? OK kalau sudah sekarang tambah kan lagi efek Hue, caranya klik Image > Adjustments > Hue/Saturation, untuk settingannya silahkan anda lihat gambar.

 Efek GrungeLangkah selanjutnya anda klik Image > Adjustments > Levels, kemudian isi kotak input yang ada di tengah dengan angka 0.5

 Efek GrungeKemudian pada kotak Chanel anda pilih Red isi lagi kotak input yang ada di tengah dengan angka 0.81

 Efek GrungeKemudian pada kotak Chanel anda pilih Blue lalu pada kotak Input yang ada di tengah anda isikan angka 1.52 lalu klik OK

 Efek GrungeSudah?, Ok kalau sudah sekarang kita akan mempertajam warna foto tadi, caranya klik Image > Adjustments > Brightness/Contrast.. settingannya anda sesuaikan dengan gambar diatas, kalau sudah kemudian klik OK.

 Efek GrungeSehingga hasilnya akan seperti gambar diatas.

 Efek GrungeOk, sekarang anda duplikat chanel, caranya tekan Ctrl+J pada keyboard setelah itu klik Filter > Distort > Ripple sesuaikan settingannya seperti gambar diatas. Kemudian klik OK.

 Efek GrungeMaka foto akan seperti gambar diatas.

 Efek Grunge
Sudah?, Ok klik sekarang anda klik Filter > Stylize > Diffuse sesuaikan settingannya dengan gambar diatas, kemudian klik OK.

 Efek GrungeMaka foto akan seperti gambar diatas.

 Efek GrungeSekarang klik Filter > Brush strokes > Splatter kemudian sesuaikan settingannya seperti gambar diatas, kemudian klik OK.

 Efek GrungeLangkah terakhir, hapus gambar/chanel yang di duplikat tadi dengan menggunakan Erase Tool, dengan teknik lihat gambar diatas.

 Efek Grunge
Selamat mencoba.

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.