Lazada Indonesia

Cara menggunakan Hue Saturation pada Photoshop oleh mbahdewo.com

Pada tutorial Photoshop kali ini, akan kucoba untuk membahas tentang Hue/Saturation. Hue/Saturation adalah salah satu dari fasilitas yang ada pada Adobe Photoshop, yang digunakan untuk melakukan penyesuaian warna. Dari sekian banyaknya fasilitas yang ada pada menu Image > Adjustment, aku kategorikan sendiri menjadi dua kategori, yaitu: pengaturan gelap/terang, dan pengaturan warna. Hue/Saturation kumasukkan dalam kategori kedua, yaitu pengaturan warna.

Pada kotak dialog Hue/Saturation terdapat tiga pilihan pengaturan warna, yaitu:
  1. Hue
    Digunakan untuk melakukan pengaturan inti warna. Inti warna disini yang kumaksud adalah sesuatu yang membuat sebuah obyek nampak berwarna. Dengan menggeser posisi slider atau mengubah nilainya, maka akan mengubah keseluruhan inti warna dari gambar
  2. Saturation
    Saturation ini adalah sebuah nilai intensitas warna, dimana nilai Saturation minimal berarti gambar nampak hitam-putih, sedangkan Saturation dalam nilai maksimal membuat gambar nampak sangat berwarna-warni.
  3. Lightness
    Lightness digunakan untuk mengatur intensitas gelap-terang warna pada gambar. Nilai minimal akan membuat gambar nampak gelap, demikian juga sebaliknya.
Penyesuaian Warna dengan Hue Saturation image
Di sudut kanan bawah kotak dialog Hue/Saturation terdapat opsi atau pilihan Colorize. Pilihan Colorize akan membuat proses pengubahan warna yang kita lakukan berpengaruh pada keseluruhan gambar dengan menganggap bahwa warna asli gambar adalah setara.

Pilihan Colorize ini sering kugunakan, terutama untuk mengubah pewarnaan secara total pada gambar. Sebagai contohnya untuk membuat gambar latar belakang pada gambar contoh desain Unstoppable Time yang pernah aku post.

Di sebelah atas dari kotak dialog Hue/Saturation, terdapat pilihan Edit, ini untuk memilih channel warna yang akan diatur.

Apabila yang dipilih adalah channel warna selain Master, maka akan aktif tiga eyedropper yang terletak disebelah kanan bawah kotak dialog.

Eyedropper yang tersedia ini bisa digunakan untuk memilih warna mana yang akan diatur dengan cara meng-klik salah satu bagian dari gambar dengan eyedropper tersebut.

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.