Lazada Indonesia

Membuat Banner Iklan untuk Blog dengan Photoshop

Pada tutorial photoshop kali ini taktiku akan berbagi bagaimana cara membuat Banner iklan dengan efek mengkilat. Tujuannya selain untuk mempercantik tampilan blog, juga untuk menarik para pengunjung untuk meng-klik iklan yang ditayangkan di blog kita.

Tanpa basa-basi lagi, langsung saja meluncur ke TKP untuk mempraktekan tutorial ini.

Membuat Banner IklanSetelah halaman baru dalam photoshop dibuat, buat sebuah kotak menggunakan Rectangular Marque Tool kemudian pada toolbar diatas pada kolom Style pilih Fixed size kemudian masukan ukuran 140x140 (lihat gambar).

Membuat Banner IklanMaka kotak yang di buat tadi akan seperti ini.

Membuat Banner Iklan
Setelah kotak tadi di buat, sekarang kita akan memberikan warna pada kotak tersebut dengan menggunakan Paint Bucket Tool Membuat Banner Iklan tapi sebelumnya silahkan pilih warna #2FB4E0 pada kolom Color Picker.

Membuat Banner Iklan
Setelah warna tersebut dipilih, kemudian arahkan kedalam kotak yang dibuat tadi dengan cara mengkliknya.
Membuat Banner Iklan
Sudah?. Baiklah kalau sudah sekarang buat layer baru (lihat gambar)

Membuat Banner Iklan
Pada layar baru tersebut sekarang anda buat kotak baru lagi caranya sama seperti membuat kotak sebelumnya hanya bedanya yaitu dimensinya lebih kecil dengan ukuran 135x135 (lihat gambar).
Membuat Banner Iklan
Membuat Banner Iklan
Sudah?. Kalau sudah sekarang kita akan memberikan warna pada kotak ke dua tadi dengan warna gradien transparan. Caranya klik Gradient Tool, kemudian perhatikan toolbar diatas, pilih warna transparan dengan warna putih (#FFFFFF) kemudian pada kolom Opacity pilih 39%.

Membuat Banner Iklan
Sudah?. Jika sudah sekarang tuangkan warna tersebut kedalam kotak tadi caranya dengan mengklik kotak dari atas kebawah, sehingga hasilnya akan seperti terlihat pada gambar.

Membuat Banner Iklan
Ok. Proses pembuatan kotak sudah selesai, sebelumnya silahkan buat Layer baru yaitu Layer 3. Nah sekarang kita akan membuat efek mengkilat pada kotak yang telah kita buat tadi, caranya buat sebuah lingkaran pada bagian atas kotak dengan menggunakan Tool Elliptical Marquee Tool.Membuat Banner IklanCaranya klik bagian luar kotak kemudian tarik menyilang kesamping (lihat gambar).

Membuat Banner Iklan
Sudah?. Kalau sudah sekarang kita akan memberikan warna transparan pada lingkaran yang telah dibuat tadi caranya sama seperti memberikan warna pada kotak kedua di atas, klik Gradient Tool Membuat Banner Iklan hanya bedanya pada toolbar diatas yaitu pada kolom Opacity silahkan Isikan 76%.

Membuat Banner IklanKalau sudah diberi warna putih transparan selanjutnya kita akan memotong sebagian lingkaran tadi, caranya buat sebuah kotak dengan menggunakan Tool Rectangular Marque Tool caranya sama seperti membuat kotak kedua diatas yang dimensinya 135x135. Kalau sudah dibuat sekarang klik kanan pada kotak yang sudah dibuat tadi kemudian pilih Layer Via Cut artinya kotak yang di klik kanan tadi di pindahkan ke Layer baru yaitu Layer 4.

Membuat Banner IklanNah… karena kotak tadi sudah di pindah ke Layer 4, sekarang silahkan delete Layer 3 karena di layer 3 masih terdapat potongan lingkaran.

Membuat Banner Iklan
Sudah di delete?. Baik kalau sudah sekarang kita akan membuat tulisan “Pasang Iklan disini”, pertama buat Layer baru diatas Layer 2 kemudian ketikan tulisan tersebut. Kemudian masukan efek bayangan pada tulisan, caranya klik kanan pada Layer text tadi kemudian pilih Blending Options.. setelah jendela Blending Options muncul berikan tanda centang pada kotak Drop Shadow kemudian atur parameternya.

Membuat Banner IklanKurang lebih apabila anda mengikuti langka-langkah diatas dengan benar, hasilnya akan seperti ini.

Selamat mencoba.

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.