Lazada Indonesia

Cara penggunaan Move Tool pada Photoshop editing foto

Tutorial Photoshop kali ini akan saya gunakan untuk mengulas tentang Move Tools. Move Tools adalah sebuah tool pada photoshop yang sering digunakan untuk memilih layer dan menggeser ataupun mengubah letak layer. Ada beberapa pengaturan yang bisa kita lakukan saat menggunakan tool ini.

Move tool pada toolboxnya photoshop imageSetting atau pengaturan default pada program photoshop untuk move tool adalah tidak aktif pada pilihan Auto Select. Ini membuat saat kita melakukan klik pada sebuah layer maka layer tersebut tidak langsung terpilih atau aktif. Jika menginginkan saat kita klik sebuah layer dengan move tool langsung terpilih layernya, maka pilihan Auto Select bisa diaktifkan.
Pilihan yang lain lagi adalah Show Bounding Box. Pilihan ini untuk memunculkan atau tidaknya kotak pada layer yang aktif.
option bar pada move tool
Kotak ini seperti saat kita akan mengubah ukuran layer dengan Edit > Free Transform. Saat kotak ini muncul, kalo kita ingin mengubah ukuran sebuah layer, maka kita tinggal melakukan klik saja pada pinggiran kotak (Bounding Box) tersebut.
Catatan:
  • Pada Photoshop versi CS, kalo ingin memilih sebuah layer dengan move tool, saat pilihan Auto Select tidak aktif, bisa dengan sambil menekan tombol Ctrl saat memilih layer tersebut dengan move tool. Kalo ingin memilih banyak layer sekaligus, kliknya sambil menekan Ctrl + Shift.
  • Sedangkan pada Photoshop CS2 bentuk tampilannya seperti dibawah ini. Terdapat tambahan pilihan yaitu Auto Select Group. Pilihan ini fungsinya untuk memilih banyak layer sekaligus, cara untuk memilih layer bisa juga dengan cara melakukan drag pad bidang gambar apabila pilihan ini dalam kondisi aktif/terpilih
Gambar tampilan Option bar milik Move Tool pada Photoshop CS2
gambar move tools Photoshop CS2
Gambar tampilan Option bar milik Move Tool pada Photoshop CS3

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.