Lazada Indonesia

The Proposal

Satu lagi film drama komedi Hollywood yang dibintangi artis cantik Sandra Bullock. Hampir sama dengan film drama komedi Hollywood kebanyakan, The Proposal menyuguhkan kisah cinta yang unik namun cukup mudah ditebak endingnya. Para pria, siap-siap terpesona dengan kecantikan dan keanggunan Sandra Bullock—tidak pernah menyangka kalau dia sudah berumur 43 tahun!
Image
Film ini bercerita mengenai masalah yang melilit Magareth Tate (Sandra Bullcok), seorang eksekutif editor-in-chief sebuah penerbitan buku bernama Colden Books. Ia terancam dideportasi karena perpanjangan visanya ditolak imigrasi Amerika Serikat. Margareth, yang terkenal dengan keotoriteran dan kejudesannya, tidak rela jika posisinya digantikan oleh Bob Spaulding (Aasif Mandvi), editor senior yang baru saja dia pecat karena melakukan kesalahan. Berusaha untuk mempertahankan harga dirinya, ia mengatakan bahwa ia akan segera menikah dengan sekretarisnya, Andrew Paxton (Ryan Reynolds).
Image
Keputusan ini sudah pasti dilakukan Margareth dengan sepihak. Andrew, yang telah menjadi asistennya selama 3 tahun, meminta penjelasan kepada Margareth. Ia menolak mentah-mentah ide tersebut, namun Margareth mengancam akan memecatnya. Merasa tidak terima dipojokkan, Andrew juga memojokkan Margareth dengan mengajukan beberapa permintaan, termasuk meminta Margareth “melamarnya” sambil berlutut di pinggir jalan penuh orang lalu-lalang.
Untuk memperlancar rencana tersebut, Margareth dan Andrew pergi berlibur ke Sitka, Alaska, tempat tinggal Andrew. Di sana, mereka akan berlibur selama beberapa hari untuk merayakan ulang tahun Gammy (Betty White), nenek Andrew, juga untuk mengumumkan rencana pernikahan mereka.
Image
Maka, menjadi tugas yang sangat berat bagi Andrew untuk memulai sandiwara itu. Seluruh keluarga Andrew mengetahui bahwa ia sangat membenci Margareth karena tidak memberikannya libur selama 3 tahun. Bahkan, saat sampai di kampung halaman Andrew, Gammy  bertanya kepada Margareth apakah ia harus memanggil Margareth “nenek sihir”, seperti julukan Andrew untuknya selama ini. Di sini pula Margareth mengetahui bahwa ternyata asistennya adalah keturunan konglomerat yang memiliki hampir seluruh aset di Kota Sitka. Baginya selama ini, Andrew hanyalah pemuda miskin yang tinggal di apartemen kumuh.
Image
Rencana awal yang dianggap mudah, ternyata membuat Margareth dan Andrew menghadapi banyak tentangan, termasuk dari ayah Andrew, Joe Paxton (Craig T. Nelson). Joe dan Andrew adalah dua orang yang selalu berselisih pendapat. Joe menginginkan Andrew tinggal di Sitka dan meneruskan bisnis keluarga. Namun, Andrew ingin mengatur dan meniti hidupnya sendiri, tanpa bantuan orangtuanya. Begitu juga ketika Joe mengetahui bahwa Andrew akan menikah dengan Margareth. Ia mencari tahu asal-usul Margareth dan membuat rencana pernikahan mereka nyaris berantakan.
Image
Jika Anda masih ingat film besutan Nora Ephron, You’ve Got Mail (1998), mungkin Anda akan menemukan jenis komedi dan kisah percintaan yang sejenis. Dimulai dari dua orang yang saling tidak menyukai satu sama lain, akhirnya mereka menyadari perasaan masing-masing dan berusaha untuk memperjuangkan cinta mereka—tipikal drama komedi ala Hollywood.

Hal yang paling menonjol dari The Proposal adalah dua pemain utamanya, Sandra Bullock dan Ryan Reynolds. Dua figur ini terkenal dengan kecakapan berakting untuk film bergenre drama komedi. Seperti yang kita ketahui, Sandra Bullock adalah ratu film drama, seperti While You were Sleeping (1995), Miss Congeniality (2000), Two Weeks Notice (2002), dan The Lake House (2006). Bahkan, dalam film Crash (2005), ia berhasil menyabet penghargaan Screen Actors Guild Award for Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture. Begitu juga dengan Ryan Reynolds yang pernah bermain dengan gemilang di Blade Trinity (2004), Waiting (2005), Amityville Horror (2005), dan X-Men Origins: Wolverine (2009). Inilah yang akan Anda dapatkan dalam film ini, ketotalitasan dua pemain besar tersebut. Akting keduanya patut diacungi jempol karena mereka benar-benar menghayati peran mereka.

Karakter Margareth yang keras, egois, otoriter, sombong, dan angkuh berhasil dimainkan dengan sempurna oleh Bullock. Pada sebuah adegan, saat Margareth sampai ke kantor, semua orang mengirim pesan singkat melalui jaringan chat untuk saling mengingatkan kalau “bencana terbesar” sudah datang. Sebagai asisten Margareth, Andrew dituntut untuk tampil sempurna. Bahkan, Andrew sampai memaksa salah satu teman kantornya untuk bertukar pakaian karena kemejanya terkena tumpahan kopi.

Namun, di balik itu semua, Margareth tetaplah wanita biasa. Akhirnya, ia merasakan kembali kehangatan berada di tengah-tengah keluarga saat bersama keluarga Andrew. Sejenak, ia ingat semua rasa hangat, kasih, dan cinta yang sudah ia lupakan sejak kematian orangtuanya. Lalu, ia pun sadar, bahwa rencananya untuk menikahi Andrew hanya untuk menghindari deportasi adalah kesalahan besar.

Film manis ini patut ditonton sebagai media relaksasi setelah Anda menjalani rutinitas berat seharian. Selain akting prima yang ditampilkan para pemainnya, adegan-adegan lucu dalam film ini dapat membantu mengendurkan urat saraf Anda. Namun, jangan lupa, kisah cinta antara Margareth dan Andrew juga cukup menyentuh sehingga dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi Anda semua: jangan terlalu membenci bos Anda atau Anda akan jatuh cinta padanya!

Tanggal rilis
    : 19 Juni 2009  (USA)
Genre        : drama komedi
Durasi
        : 108 menit
Sutradara    : Anne Fletcher
Pemain           : Betty White, Sandra Bullock, Ryan Reynolds, Malin Akerman, Mary Steenburgen, Denis O'Hare, Craig T. Nelson, Aasif Mandvi
Produksi    : Touchstone Pictures
Author : Lucky Natalia

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.