Lazada Indonesia

10 Fakta Unik Seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 yang Wajib Diketahui

10 Fakta Unik Seputar Proklamasi 17 Agustus 1945. Sejauh Mana Kamu Tahu Fakta Seputar Proklamasi 17 Agustus 1945? Inilah 10 Fakta Seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 yang Sebagian Tidak Diajarkan di Sekolah. Dan 10 Fakta Unik inilah yang Wajib Diketahui Sekarang Juga.

Apakah Kalian tau?
Ternyata warna putih dari bendera Pusaka Sang Merah Putih berasal dari kain sprei tempat tidur dan warna merahnya dari kain tukang soto.

Setiap tanggal 17 Agustus kita selalu memperingati Hari Proklamasi, termasuk merayakannya dengan mengikuti banyak perlombaan seperti balap karung, tarik tambang atau panjat pinang.
Tetapi apakah kamu benar-benar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada hari yang sakral itu?

Berikut ini 10 fakta unik seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 yang perlu kamu tahu. (Dihimpun dari berbagai sumber termasuk apakabardunia.com dan wikipedia.com).

1. Soekarno Sedang Sakit Saat Proklamirkan Kemerdekaan
Fakta Unik Proklamasi 17 Agustus 1945

2. Upacara Proklamasi Kemerdekaan Dibuat Sangat Sederhana
Fakta Unik Proklamasi 17 Agustus 1945

3. Bendera dari Seprai
Fakta Unik Proklamasi 17 Agustus 1945

4. Naskah Asli Proklamasi Ditemukan di Tempat Sampah
Fakta Unik Proklamasi 17 Agustus 1945

5. Negatif Film Foto Kemerdekaan Disimpan di Bawah Pohon Berkat kebohongan
Fakta Unik Proklamasi 17 Agustus 1945

6. Proklamator sebenarnya bukan hanya Soekarno-Hatta
Fakta Unik Proklamasi 17 Agustus 1945

7. Ada dua jenis naskah proklamasi yaitu naskah proklamasi klad (ditulis tangan) dan naskah proklamasi otentik (diketik Sayuti Melik).
Fakta Unik Proklamasi 17 Agustus 1945

8. Tentu saja saat itu, Soekarno sebagai orator ulung tidak langsung membacakan naskah proklamasi, namun berpidato terlebih dahulu.
Berikut adalah pidato selengkapnya:

Saudara-saudara sekalian!
Saya telah meminta Anda untuk hadir di sini untuk menyaksikan peristiwa dalam sejarah kami yang paling penting. Selama beberapa dekade kita, Rakyat Indonesia, telah berjuang untuk kebebasan negara kita-bahkan selama ratusan tahun! 
Ada gelombang dalam tindakan kita untuk memenangkan kemerdekaan yang naik, dan ada yang jatuh, namun semangat kami masih ditetapkan dalam arah cita-cita kami. Juga selama zaman Jepang usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak pernah berhenti. 
Pada zaman Jepang itu hanya muncul bahwa kita membungkuk pada mereka. Tetapi pada dasarnya, kita masih terus membangun kekuatan kita sendiri, kita masih percaya pada kekuatan kita sendiri. Kini telah hadir saat ketika benar-benar kita mengambil nasib tindakan kita dan nasib negara kita ke tangan kita sendiri. Hanya suatu bangsa cukup berani untuk mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri akan dapat berdiri dalam kekuatan. 
Oleh karena semalam kami telah musyawarah dengan tokoh-tokoh Indonesia dari seluruh Indonesia. Bahwa pengumpulan deliberatif dengan suara bulat berpendapat bahwa sekarang telah datang waktu untuk mendeklarasikan kemerdekaan. Saudara-saudara: 
Bersama ini kami menyatakan solidaritas penentuan itu.

Dengarkan Proklamasi kami :
P R O K L A M A S I
KAMI BANGSA INDONESIA DENGAN INI MENYATAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA.
HAL-HAL YANG MENGENAI PEMINDAHAN KEKUASAAN DAN LAIN-LAIN
DISELENGGARAKAN DENGAN CARA SAKSAMA DAN DALAM TEMPO YANG SESINGKAT-SINGKATNYA.
DJAKARTA, 17 AGUSTUS 1945
ATAS NAMA BANGSA INDONESIA. SUKARNO-HATTA.

Jadi, Saudara-saudara! Kita sekarang sudah bebas! Tidak ada lagi penjajahan yang mengikat negara kita dan bangsa kita! Mulai saat ini kita membangun negara kita. Sebuah negara bebas, Negara Republik Indonesia-lamanya dan abadi independen. Semoga Tuhan memberkati dan membuat aman kemerdekaan kita ini!

9. 17 Agustus 1945 jatuh pada hari Jumat, dan merupakan hari ke-8 Ramadhan pada tahun tersebut.
Fakta Unik Proklamasi 17 Agustus 1945

10. Pembacaan Do'a setelah Proklamasi Kemerdekaan
Fakta Unik Proklamasi 17 Agustus 1945
Sumber: 8shares.com

Silahkan anda berkomentar. Komentar Anda akan langsung muncul. Anda bisa memasukkan link kedalam tulisan di komentar anda. Bukan hanya "link", anda juga bisa memasukkan Batu, Bata, Perhiasan, Balok, Pesawat, Mobil...dll ke dalam kotak komentar.