Rumusan Masalah di dalam PTK

****Jika sobat menemukan alamat ini, ini adalah tahap lanjutan, bila ingin melihat dari mana awal mula Proposal PTK ini, silahkan klik DISINI !


D. RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHAN MASALAH

1. Perumusan Masalah

a. Secara umum rumusan masalah dalam usulan PTK ini adalah :

Bagaimana pendekatan pembelajaran CTL Multi Model dapat meningkatkan kualitas belajar IPA kelas IV pada pokok bahasan Benda dan sifatnya di SD No.097357 Negeri bayu kahean.

b. Secara khusus rumusan masalah dalam usulan PTK ini dijabarkan sebagai berikut :

1. Bagaimana pendekatan pembelajaran CTL Multi Model dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif siswa kelas IV pada pokok bahasan benda cair di SD No.097357 Negeri bayu kahean.

2. Bagaimana pendekatan pembelajaran CTL Multi Model dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek psikomotor siswa kelas IV pada pokok bahasan benda dan sifatnya di SD No.097357 Negeri bayu kahean.

2. Pemecahan Masalah

Untuk memecahkan masalah utama dan berdasarkan analisis terhadap kondisi belajar siswa pada tahun pelajaran 2009/2010, maka perlu disusun hipotesis tindakan sebagai berikut : Pendekatan Pembelajaran CTL Multi Model dapat meningkatkan kualitas belajar IPA Aspek kognitif dan psikomotor pada siswa kelas IV. Hasil belajar kognitif yang dimaksud adalah perolehan hasil belajar siswa pada kemampuan C1 (ingatan), C2 (pemahaman), C3 (penerapan), C6 (kreatifitas). Sedangkan hasil belajar psikomotor yang dimaksud adalah kemampuan siswa untuk merangkai alat – alat listrik termasuk membaca skala pada alat ukur listrik.

Mengacu pada pendekatan PTK yang dipilih dari hipotesis tindakan seperti yang diutarakan, maka dibuat upaya dalam bentuk kegiatan sebagai berikut :

a. Observasi kelas untuk menentukan strategi yang tepat dalam rangka penerapan pembelajaran CTL Multi Model.

b. Menelaah strategi yang cocok untuk menerapkan pembelajaran CTL Multi Model, sehingga dapat dikembangkan menjadi suatu model yang aplikatif di kelas.

c. Mengimplementasikan model pembelajaran di kelas melalui tahapan sebagai berikut :

1. Memberikan pemodelan (DI) tentang wujud benda cair (siklus I) dan sifat – sifat benda cair (siklus II) – Tahap orientasi masalah.

2. Membagi siswa dalam 4 kelompok besar (CL) – Tahap mengorganisir siswa dalam kelompok.

3. Memberikan berbagai aktifitas di kelas agar siswa mendapatkan konsep yang akan difahami dengan baik – Pembelajaran kontekstual.

4. Memfasilitasi kebutuhan siswa saat melakukan kegiatan eksperimen – Tahap membimbing siswa.

5. Memberikan masalah tentang instalasi listrik yang sebaiknya digunakan, dan kemudian mendiskusikan hasilnya – Tahap mengembangkan dan menyajikan hasil untuk kerja.

6. Menilai laporan yang dibuat oleh masing – masing kelompok – Tahap evaluasi.


****lanjutannya klik "Penelitian Tindakan kelas IV ya !




.

1 comments

1 comments:

  1. freeware mengatakan...:

    nice info bro :D

Poskan Komentar

Anda dapat menggunakan <a href="#" title="#">#</a> <strong> <i> <a> <em>